Minggu, 07 Juni 2009

Rumah Sakit Emanuel

Bertumbuh Bersama Dan Membangun Diri Dalam Kasih

JL.A.Yani Purwareja Klampok Banjarnegara 53474
Telp: 0286-479030 fax. 0286-479032
Email : rsemanuelklp@yahoo.com

Sambutan Direktur

Dalam rangka Visi Rs Emanuel “Kesejahteraan Lahir Batin Bagi Semua Orang” dan misi “Memberikan Pelayanan yang Utuh Dan sebaik-baiknya” Bagi Setiap orang, RS Emanuel saat ini menghadapi tuntutan perkembangan. Tuntutan perkembangan kebutuhan pelayanan kesehatan saat ini berfokus pada : Pelayanan yang bermutu. Pelayanan yang aman(patient safety), Pelayanan yang komprehensif (prefentif, kuratif, rehabilitatif, dan promotif) dan sikap pelayanan yang baik, maka RS Emanuel mengarahkan Visi Rencana Strategik 2007-2011 menjadi : Pelayanan Kesehatan yang unggul, bertumbuh dan bertanggung jawab di dasari kasih dan profesionalisme. Dengan Visi tersebut RS Emanuel di harapkan dapat mencapai tujuan menjadiRumah Sakit Pilihan Utama di Karesidenan Banyumas, dengan mengembangkan pelayanan spesialis lengkap dengan fasilitas peralatan yang memadai.

Untuk mencapai tujuan tersebut di kembangkan :
1. Pelayanan Medis Unggulan : Rawat Jalan Umum, Rawar Jalan Spesialis, Klinik Edukasi, Diabetes Melitus, Klinik Check Up, Klinik Hemodialisa, Rawat Darurat, Rawat Inap, Pelayanan Kamar Bedah, Perawatan Itensif dll.
2. Pelayanan Penunjang Medis ditingkatkan dalam beberapa fasilitas pelayanan seperti Pelayanan Radiologi, Pelayanan Laboratorium, Pelayanan Farmasi, Pelayanan Gizi, Pelayanan Rehabilitasi Medik dan Pelayanan Akupuntur.
3. Pelayanan pendukung lain : Pelayanan Administrasi dan Rekam medis, Pelayanan Administrasi keuangan , Pengembangan SDM, Customer Service, juga Usaha Pengembangan Kesehatan Masyarakat.
Dengan di dukung semua pihak, termasuk pelanggan sebagai stakeholders, RS Emanuel dapat mencapai tujuan yang dicanangkan melalui pelayanan dengan kasih dan profesionalisme

Nama pelayanan Kesehatan : Rumah Sakit Emanuel Purwareja Klampok Banjarnegara
Luas Tanah : 17.475M2
Luas Bangunan : 13.268M2
Luas Lantai Dasar : 9.301M2
Nama Pemilik : Yayasan Kristen Untuk kesehatan Umum (YAKKUM)

Visi : Kesejahteraan lahir batin bagi semua masyarakat
Misi : Memberikan pelayanan yang utuh dan sebaik-baiknya bagi setiap orang
Visi Renstra : Pelayanan Kesehatan yang unggul, bertumbuh dan bertanggung jawab didasari kasih dan profesionalisme.
Misi Sentra :
- Pelayanan Kesehatan yang memiliki competitive advantages, berorientasi ke depan, mampu bertahan dan bertumbuh dalam pelayanan.
- Organisasi yang trustworthy, responsive, accountability, profesional
- Mempunyai tanggung jawab sosial, hukum dan lingkungan
- Memberikan kepuasan seluruh stakeholder
Tujuan Renstra : Menjadi Rumah Sakit pilihan utama di karesidenan Banyumas dengan memantapkan pelayanan spesialis lengkap di dukung oleh sarana penunjang pelayanan dan prasarana yang memadai.
Etos Kerja : Ramah, cepat Tanggap, Profesional, Citra Keluar, Selalu Ingin, Inovatif, Dipercaya, Mengedepankan Pelayanan, Komunikatif.
Moto : Bertumbuh Bersama dan Membangun diri Dalam Kasih.


Sejarah Rumah Sakit Emanuel

RS Emanuel bermula dari sebuah klinik bersalin/kraamkliniek dan Balai Pengobatan peninggalan pemerintahan kolonial Belanda yang didirikan oleh Zending pada tahun 1934 sebagai fasilitas pelengkap pabrik gula di desa Klampok Kecamatan Purworejo Klampok Banjarnegara. Setelah berdiri sebagai balai pengobatan dan mengalami beberapa masa transisi pemerintahan, tanggal 1 juli 1950, Balai Pengobatan Emanuel dihibahkan kepada JRSK-DJATENG (Jejasan Roemah-Roemah Sakit Kristen Untuk Kesehatan Umum). Sejak 31 Mei 1970 BP Emanuel di pimpin oleh seorang dokter umum dengan penambahan berbagai fasilitas bangunan dan fasilitas kesehatan lainnya. Tanggal tersebut kemudian di tetapkan menjadi hari lahir RS Emanuel. Setelah berkecimpung di bidang kesehatan selama bertahun-tahun, RS Emanuel menjadi Rumah Sakit yang di percaya oleh masyarakat sebagai sarana mendapatkan kesembuhan.

Instansi Gawat Darurat
Instansi Gawat Darurat RS Emanuel melayani masyarakat 24 jam dan menjadi sangat penting sebagai fasilitas pertama dalam memberikan pelayanan kegawat-daruratan yang menentukan keberhasilan proses dan tindakan selanjutnya. Instansi Gawat Darurat dilayani oleh dokter bersertifikat ACLS (Advanced Cardiac Life Support) dan perawat bersertifikat PPGD (Penanggulangan Penderita Gawat Darurat), sehingga dapat memberikan perawatan yang optimal kepada pasien.
• Pasien IGD RS Emanuel ditangani segera tanpa menunggu konfirmasi biaya administrasi.
• Sistem pelayanan triage, yaitu mendahulukan pasien yang membutuhkan pertolongan segera.
• Melayani pasien 24 jam dan IGD mengambil fungsi poliklinik apabila poliklinik sudah tutup.
• Pelayanan ambulan dengan sistem respon time secepat mungkin sejak dari penerimaan telepon.
• Mengadakan pelatihan kegawat daruratan.



Poliklinik
Poliklinik RS Emanuel mempunyai beberapa bagian :
• Klinik Umum
• Klinik Spesialis Penyakit Dalam
• Klinik Spesialis Bedah Umum
• Klinik Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan
• Klinik Spesialis Kesehatan Anak
• Klinik Spesialis Kulit dan Kelamin
• Klinik Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah
• Klinik Spesialis Penyakit Mata
• Klinik Spesialis Penyakit Syaraf
• Klinik Spesialis THT dan Alergi
• Klinik Hemodialisa
• Klinik Diabetes Mellitus
• Klinik Konsultasi Gizi
• Klinik Gigi
• Klinik Medical Check Up
Klinik Umum RS emanuel melayani pukul 06.00-19.00 kecuali hari minggu pukul 06.00-14.00. Pengaturan waktu seperti ini untuk memberikan kesempatan pasien memilih waktu yang tepat sesuai kesibukan pasien.
Klinik Spesialis RS Emanuel dilayani sesuai jadwal dan tempat yang di sediakan. Untuk 4 spesialis besar “ Bedah, Kebidanan, dan Penyakit Kandungan, Penyakit Dalam dan Penyakit Anak dilayani setiap hari kerja.
Sejumlah dokter dan perawat siap melayani pasien sejak pagi sampai petang yang terbagi menjadi dua shift untuk mendukung kualitas pelayanan yang utuh dan sebaik-baiknya.

Kecepatan penanganan sampai ke hasil pemeriksaan adalah salah satu keunggulan RS Emanuel. Selain itu secara rutin setiap Hari Kamis RS Emanuel melayani klinik khusus Diabetes Mellitus.
Fasilitas Khusus di Poliklinik :
• Alat-alat penunjang yang memadai seperti:
- Treadmil
- ECG (rekam jantung)
- EEG (rekam otak)

Instansi ini melayani 24 jam ditangani oleh tim dokter ahli dan diperkuat oleh Dokter Spesialis Anestesi dan perawat ahli Anestesi serta perawat kamar bedah lainnya.
Pelayanan Instansi Bedah ini Melayani
- Spesialis Bedah Umum
- Kebidanan & Penyakit Kandungan
- THT
- Mata
- Bedah Syaraf
- Bedah Tulang/Orthopedi

FASILITAS PELAYANAN RAWAT INAP
Instansi Rawat Inap RS Emanuel menyediakan 123 tempat tidur dan 6 tempat tidur ICU :
VIP
Cempaka : 1 Kamar / 1 Tempat tidur
Kenangan : 1 Kamar / 1 Tempat tidur
Melati : 1 Kamar / 1 Tempat tidur
Seruni : 1 Kamar / 1 Tempat tidur

Kelas 1
Ruang Aster : 5 Kamar / 5 Tempat tidur
Bougenvile : 5 Kamar / 5 Tempat tidur
Chrysant : 5 Kamar / 5 Tempat tidur
Ruang Merpati : 5 Kamar / 5 Tempat tidur
Ruang Kenari : 5 Kamar / 5 Tempat tidur
Ruang Gelatik :2 Kamar / 2 Tempat tidur
Ruang Dahlia : 2 Kamar / 2 Tempat tidur
Cendrawasih : 3 Kamar / 3 Tempat tidur
Ruang Nakula : 7 Kamar / 14 Tempat tidur
Ruang Aster : 7 Kamar / 14 Tempat tidur
Ruang Aster : 2 Kamar / 4 Tempat tidur

Kelas III
Gatotkaca : 1 Kamar / 19 Tempat tidur
Pergiwa : 1 Kamar / 18 Tempat tidur
Sadewa-8 : 1 Kamar / 4 Tempat tidur
Utari : 1 Kamar / 5 Tempat tidur

Bangsal Anak Kelas III
Parikesit : 1 Kamar / 6 Tempat tidur

Ruang Isolasi
Permata : 1 Kamar / 3 Tempat tidur

Ruang ICU
Mutiara : 1 Kamar / 6 Tempat tidur

ICU & Anesti
ICU merupakan perawatan intensif yang dikelola untuk merawat pasien dengan keadaan kritis, yang mengancam jiwa dengan melibatkan tenaga terlatih serta di dukung dengan kelengkapan peralatan khusus. Di ruang ICU ini di tangani oleh dokter Anestesi dan dilengkapi dengan peralatan yang menunjang.
Icu ini bertujuan untuk :
- Menyelamatkan kehidupan.
- Mencegah terjadinya kondisi yang memburuk.
- Meningkatkan kualitas hidup pasien.
- Mengoptimalkan fungsi organ.
- Mengurangi angka kematian pada pasien kritis

Instansi Kebidanan & Penyakit Kandungan
Instansi Kebidanan dan Penyakit Kandungan merupakan pelayanan rujukan bagi tenaga bidan yang ada di sekitar RS Emanuel, mengingat makin bertambah banyaknya kasus yang memerlukan penanganan di Rumah Sakit secara cepat dan akurat.
Dokter Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan penuh waktu telah di miliki RS Emanuel sebagai jawaban atas kondisi tersebut.
Instansi Kebidanan dan Penyakit Kandungan di RS Emanuel melayani program Partus Paket Fisilogis yaitu persalinan tanpa kelainan, dan pelayanan Obsteri Neonatus Komprehensif (PONEK)

Instansi Radiologi
Sebagai salah satu penunjang penegak diagnosis, Instansi Radiologi memberikan kontribusi tidak sedikit. Hal ini untuk mempercepat proses penyembuhan pasien melalui keakuratan diagnosa medis.
Instansi Radiologi RS Emanuel didukung oleh seorang dokter Radiologi, 3 orang Radiografer dan fasilitas dan peralatan memadai.
Pelayanan Instansi Radiologi non stop 24 jam.

Instansi Farmasi
Instansi Farmasi RS Emanuel melayani Pasien Gawat Darurat, rawat jalan maupun rawat Inap. Pelayanan obat rawat jalan sesuai waktu buka Klinik Umum. Pelayanan obat pasien Rawat Inap menyesuaikan kegiatan Administrasi Keuangan.
Keunggulan Instansi Farmasi adalah menggunakan sistem pelayanan obat satu hari (one day dose)
Dengan keuntungan :
- Menghindari terjadinya duplikasi obat
- Efek samping obat leb minimal
- Biaya lebih terjangkau
- Menghindari over dosis

Instansi Laboratorium dan UPTD
Instansi Laboratorium RS Emanuel diperkuat oleh seorang Dokter Patologi Klinik dan 7 orang Analis sehingga kecepatan hasil ujilaboratorium dapat diketahui setelah 30 menit pasca pengambilan sampel.
Medical Check Up melayani instansi Pemerintah dan Swasta serta masyarakat umum baik perorangan maupun berkelompok. Medical Check Up juga melayani calon Tenaga Kerja Indonesia.
Unit Pelayanan Transfusi Darah merupakan unit pelayanan yang berjalan seiring dengan instansi Laboratorium. Dilengkapi peralatan penunjang yang cukup lengkap sehingga hasil pemeriksaan lebih akurat dan dengan demikian akan mengurangi tingkat human error.

Instansi Gizi
Disamping berkoordinasi dengan profesi kesehatan lain, Ahli Gizi RS Emanuel juga melayani konsultasi dan menawarkan solusi masalah seputar gizi dan makanan, baik untuk pasien rawat Inap.
Instansi Gizi juga memberikan patient control education berupa konsultasi tentang aturan pola makan termasuk untuk penderita diabetes mellitus

Instansi Rehabilitasi Medis dan Akupuntur
Pelayanan Fisioterapi pada dasarnya merupakan satu upaya untuk mencapai derajat kesehatan yang di butuhkan pasien melalui penanggulangan masalah gerak fungsional, didukung peralatan : Diathermy, TENS, Ultrasound Therapy, Infra Red, Static Cycle, Electrical Traction, Treadmil, Parallel Bar, Orthotic Prosthetic dll.
Fasilitas Instansi Rehabilitasi Medis :
- Ruang Terapi dengan 3 tempat tidur dan 1 tempat tidur Electrical Traction.
- Ruang Latihan dengan peralatan lengkap.

Pelayanan Akupuntur dikelola oleh 3 orang Akupunturis lulusan dalam dan luar negeri yang juga memproduksi pengobatan tradisional berupa herbal medicine. Safety pasien menjadi perhatian khusus dengan penggunaan jarum akupuntur secara individual (single use needle).
Kasus-kasus yang di tangani dengan akuputur antara lain kecantikan, masalah obesitas, menghilangkan rasa sakit, menghentikan kecanduan rokok dll.


Usaha Pengembangan Kesehatan Masyarakat (UPKM)
UPKM Merupakan satu unit kerja RS Emanuel yang mendampingi masyarakat agar memiliki kemandirian dalam mengembangkan kesehatannya.
Kegiatan UPKM meliputi :
1. - Pendampingan Kelompok potensial meliputi :
- Pendampingan Fk3, Pendampingan POSYANDU Lansia,
- Pendampingan usaha Tani, Pendampingan pemuda atau remaja drop out
2. - Program tanggap bencana meliputi : Emergency
- Response, Pengorganisasian penanganan Bencana Berbasis Masyarakat
3. Program Sosial Insidental meliputi : Pengobatan massal, Donor Darah, Operasi Bibir Sumbing dan katarak


Sosio Medis
Sebagai salah satu pelayan holistik kepada pasien termasuk penanganan psikologis, pelayanan ini memotivasi pasien dengan gangguan psikologi maupun pasien yang memasuki stadium Terminal Illnes.
Pelayanan ini berupa pelayanan psikologi dan konseling dengan memotifasi pasien supaya menumbuhkan kembali semangat hidup.

Informasi dan Customer Service
Informasi merupakan bentuk interaksi antara petugas, pasien dan pelanggan yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan pasien.
Anda dapat melakukan perbaikan untuk RS Emanuel dengan kritik dan saran silahkan hubungi :
085 647 600 701

Rekam Medis
Pelayanan TPPRJ melayani pendaftaran pasien umum, spesialis dan AKSES baik ASKES Komersial, Sosial, dan JAMKESMAS. Rekam Medis RS Emanuel bertugas untuk mencatat dan menyimpan semua bentuk arsip yang berhubungan dengan pasien dan pengelolaan dokumen dan seterusnya. Selain itu untuk menunjang administrasi rekam medis di pergunakan KIB (Kartu Identitas Berobat) yang membantu Rekam Medis dalam pencatatan data pasien.

Administrasi Keuangan
Proses Administrasi Keuangan meliputi :
- Pelayanan informasi dan pendaftaran rawat inap atau tindakan medis. Customer mendapat informasi yang akurat dan di persilakan memilih ruang yang di ingini dan memahami tindakan medis yang dilakukan.
- Pelayanan kasir dengan menerapkan 1 pintu yang merupakan proses administrasi pasien rawat jalan maupun rawat inap yang dilayani di satu tempat. Hal ini akan mempermudah dan memperpendek proses administrasi keuangan.

Pemeliharaan Saran, Sanitasi dan Laundry
Pelayanan ini untuk menjamin agar sarana dan prasarana terpelihara dan berfungsi dengan baik dan dapat mendukung keselamatan dan kesehatan pasien.
Pelayanan ini meliputi : Insenerator, IPAL, CS, Pertamanan dan Laundry.

Salah satu program utama penerapan keselamatan Pasien Rumah Sakit adalah pelaporan Insiden Keselamatan Pasien. Pelaporan ini akan menggerakan berbagai proses lanjutan seperti analisis terhadap insiden dan akibat-akibatnya, penemuan berbagai penyebab, konstruksi solusinya, implementasi best practice dst.
Pelaporan insiden dan proses-proses lanjutan tersebut merupakan jawaban yang paling tepat terhadap keberadaan KTD/KNC, sehingga di waktu yang akan diharapkan angka kejadian KTD/KNC dapat ditekan dan lebih utama lagi terlaksananya asuhan pasien yang lebih aman.
Proses yang terus bergerak tanpa ujung ini merupakan jawaban terhadap pernyataan : error will never disappear prom medical practice....Dalam praktek kedokteran, kesalahan tidak mungkin bisa hilang, tapi dengan adanya program keselamatan pasien, kita berusaha untuk meminimalkan hal tersebut

Pelayanan dan Jadwal Dokter Spesialis

1. Pelayanan Gawat Darurat : 24 jam
2. Klinik Umum, Laboratorium dan Farmasi :
Tiap Hari termasuk hari minggu pkl : 07.00-19.00
3. Klinik Gigi :
Senin-Jumat pkl :07.30-12.30 & 16.30-18.30
Sabtu pkl : 07.30-12.30 atau sesuai perjanjian
4. Hemodialisa/ Cuci Darah : 24 jam
5. CT Scan/ Rontgen : 24 Jam
6. Klinik KIA & KB :
Senin-Jumat pkl : 08.00-17.00
7. Klinik Akupuntur & Pengobatan Tradisional :
Senin-Jumat pkl : 07.00-16.00 sabtu pkl. 07.00-13.00
Hari minggu/ Hari Besar pkl : 09.00-14.00
8. Fisioterapi :
Senin-Jumat pkl : 07.00-16.00 Sabtu pkl : 07.00-13.00
Hari Besar pkl : 08.00-12-30 Hari Minggu Tutup
9. Klinik Diabetes :
Kamis pkl : 08.00-12.30
10. Klinik Konsultasi Gizi : Sesuai Perjanjian
11. Klinik Spesialis :
- Bedah Umum :
Dr.Samuel Zacharias, STh.MA.Sp.B
Senin-Sabtu mulai pkl : 08.00
- Kebidanan dan Penyakit Kandungan
Dr.Ristyanto Wibowo, Sp.OG
Senin-Sabtu pkl : 07.00-13.00, 16.00-17.00
- Penyakit Dalam
Dr.Joko Rilo Pambudi, Sp.PD
Senin-Sabtu pkl : 10.00-12.00 (maksimal 30 pasien)
Kamis pkl : 17.00-19.00 (maksimal 10 pasien
Dr.Anjar. Sp/PD
Rabu dan Jumat mulai pkl : 115.00
- Klinik Penyakit Syaraf
Dr.Tjipto Harijono, Sp.S
Senin pkl : 15.00-selesai
Dr.Bambang SD, Sp.S
Rabu, Kamis, Jumat pkl : 14.00
- Klinik Penyakit THT
Dr.Bambang Sudiratma, Sp.THT
Senin, Rabu, Jumat pkl :11.00-13.00
Dr.Sumartono Kartiko, Sp.THT
Selasa dan Kamis pkl : 14.00
- Klinik Penyakit Alergi
Dr.Bambang Sudiratma, Sp.THT
Senin, Rabu, Jumat pkl :11.00-13.00
- Klini Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, Pemeriksaan Treadmill :
Dr.Bambang Purcahyo, Sp.JP
Selasa dan kamis pkl : 14.00
- Klinik Penyakit Kulit dan Kelamin
Dr.Amelia BR, Sp.KK
Rabu dan Jumat pkl : 17.00
- Klinik Penyakit Mata :
Dr.Budi Supraptono, Sp.M
Selasa dan Sabtu pkl : 13.00
Dr.Syarif Djatie Sp.M
Kamis pkl : 11.30
- Klinik Radiologi (CT Scan, USG, Rontgen)
Dr.Markus BR, Sp.Rad
Senin-Sabtu pkl : 17.00
- Klinik Bedah Syaraf :
Dr.Moh. tarqib alatas, Sp.BS
Sesuai Perjanjian
- Klinik Rehabilitasi Medik
Sesuai perjanjian


Informasi Adalah Usaha Menuju Keselamatan Pasien
Informasi Akurat Anda Sangat Kami Perlukan

Silahkan Bertanya Dan Menginformasikan kondisi Pasien demi Penanganan Yang Lebih baik

9 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya. GBU

    BalasHapus
  2. mohon bisa dilengkapi dengan biaya kamar, dokter, dll untuk semua kelas. terima kasih.

    BalasHapus
  3. realisasi kopensasi / pengembalian pasien yg pakai BPJS ... kami menunggu janjinya

    BalasHapus
  4. Salam sejahtera
    Rs emanuel Bertumbuh Bersama Dan Membangun Diri Dalam Kasih.
    pesan-tas-promosi.blogspot.com
    imamppkhm.wordpress.com
    Adalah website Lancarjaya promotion Melayani pesanan tas dan dompet Bapak Djasmin al Amin purwasaba. Jikalau ingin melihat model-model produksi kami

    BalasHapus
  5. Rumah sakit nggak jelas!!! Antri ambil USG aja bisa sampe 2 jam!!!!

    BalasHapus
  6. Biaya dokter tht berapa ya sekali konsultasi? Terimakasih

    BalasHapus
  7. Mohon informasinya apakah Di ruang IGD Ada fasilitas cctvnya, Krn kemarin tgl 20 pebruari 2020 jam :00:02 wib Anak saya dompetnya tertinggal Di tempat Tidur tsb,mungkin Kalau Ada Yg. menemukan mohon Utk mengembalikanya Yg Sekarang Di rawat diruang dahlia 11

    BalasHapus
  8. #15 - Grade 23 Titanium Artisan Woodworking Set for
    Buy #15 titanium pots and pans - Grade 23 Titanium Artisan thaitanium Woodworking Set for your Grade 23 titanium wheels Titanium Woodworking Set, made titanium nipple jewelry from a high quality metal.Material: Aluminum Rating: 4.7 titanium bracelet · ‎7 reviews · ‎$11.99 · ‎In stock

    BalasHapus